Nama Guru : Tri Paryanti, S.Si
Mata Pelajaran : Matematika Umum
Kelas : XII IPA 4
Pertemuan : ke 3
Kode KD
3.1 Mendeskripsikan jarak dalam ruang (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang).
4.1 Menentukan jarak dalam ruang (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang).
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu Menentukan jarak antar titik dalam ruang, serta aktif, toleran dan bekerjasama dalam kelompok.
Materi : Jarak Pada Bangun Ruang
Metode : pendekatan scientifik dengan model Discovery Learning
Strategi :
1. Guru menyampaikan KD dan tujuan pembelajaran
2.
Guru menanyakan materi yang telah dipelajari siswa sebelumnya yang
berkaitan dengan materi geometri ruang. " Sebutkan unsur-unsur bangun
ruang yang kamu ketahui .... ? "
3. Siswa diminta menggambarkan bangun ruang (Kubus). Beberapa siswa diminta untuk menggambarkan di papan tulis, siswa yang lain menanggapi.
4. Guru menanggapi pekerjaan siswa, menguatkan jawaban siswa, bagaimana cara yang benar menggambar bangun ruang(Kubus ABCD.EFGH)
5. Siswa menyebutkan unsur-unsur pada kubus (Rusuk, Diagonal Bidang, Diagonal Ruang).
6. Diberikan contoh kubus ABCD.EFGH dengan rusuk diketahui Siswa berdiskusi menentukan jarak titik C ke garis AG dan jarak titik C ke bidang BCG .
7. Siswa mendefinisikan konsep jarak dari titik ke titik, dari titik ke garis dan dari titik ke bidang
8. Untuk bisa menjawab siswa mengingat kembali tentang rumus Phytagoras pada segita siku-siku, rumus garis tinggi pada segitiga
9. Siswa menarik kesimpulan.
Kesimpulan:
Untuk dapat menentukan jarak titik ke titik, jarak titik ke garis dan titik ke bidang
- gambar bangun ruang
-
tentukan jarak titik ke garis, jarak titik ke bidang dengan menaris
garis yang dilalui titik-titik yg diketahui dengan mengasumsikan bahwa
jarak adalah ukuran terdekat suatu objek
- gunakan rumus bantuan untuk menentukan jarak pada bangun ruang
10. Untuk penguatan siswa diminta mengerjakan latihan 3 soal Essay di buku latihan.
Pengembangan Materi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar