Nama Guru : Tri Paryanti, S.Si
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : XII IPA 4
Pertemuan :2
Kode KD
3.1 Mendeskripsikan jarak dalam ruang (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang).
4.1 Menentukan jarak dalam ruang (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang).
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu Menentukan jarak antar titik dalam ruang, serta aktif, toleran dan bekerjasama dalam kelompok.
Materi : Jarak Titik ke Titik Pada Bangun Ruang
Metode : pendekatan scientifik dengan model Discovery Learning
Strategi :
1. Guru menyampaikan KD dan tujuan pembelajaran
2.
Guru menanyakan materi yang telah dipelajari siswa sebelumnya yang
berkaitan dengan materi geometri ruang. " Sebutkan macam-macam bangun
ruang yang kamu ketahui .... ? " pertemuan ini mengkhususkan pada
kubus.
3. Siswa diminta menggambarkan bangun ruang (Kubus). Beberapa siswa diminta untuk menggambarkan di papan tulis, siswa yang lain menanggapi.
4. Guru menanggapi pekerjaan siswa, menguatkan jawaban siswa, bagaimana cara yang benar menggambar bangun ruang(Kubus ABCD.EFGH)
5. Siswa menyebutkan unsur-unsur pada kubus (Rusuk, Diagonal Bidang, Diagonal Ruang).
6. Diberikan satu contoh kubus ABCD.EFGH dengan rusuk diketahui Siswa berdiskusi menentukan jarak titik A ke titik B (rusuk kubus), jarak titik A ke titik C (Diagonal Bidang), Jarak titik A ke titik G (diagonal ruang).
7. Siswa mendefinisikan konsep jarak dari titik ke titik.
8. Untuk bisa menjawab siswa mengingat kembali tentang rumus Phytagoras pada segita siku-siku.
9. Siswa digiring untuk menemukan rumus diagonal bidang (S akar 2), dan rumus diagonal ruang (S akar 3)
10. Siswa menarik kesimpulan.
Kesimpulan:
Untuk dapat menentukan jarak titik ke titik,
- gambar bangun runag
- tarik garis yang menghubungkan dua titik
- diagonal bidang = S akar 2
- diagonal ruang = S akar 3
10. Untuk penguatan siswa diminta mengerjakan latihan 3 soal Essay di buku latihan.
Pengembangan Materi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar